Situs Megalith Gunung Padang Cianjur

Minggu kemaren (27/5) berangkatlah kami mengunjungi sebuah situs megalith di daerah Cianjur, Jawa Barat. Situs disini bukan situs web, situs disini menurut KBBI memiliki arti daerah temuan benda-benda purbakala. Sedangkan megalith menurut wikipedia berarti a large stone that has been used to construct a structure or monument, either alone or together with other stones. Jadi menurut saya situs megalith singkatnya berarti bebatuan dari zaman purbakala.

Perjalanan dimulai dari Bandung, menyusuri jalan raya Padalarang, Cipatat, Rajamandala sampai Cianjur mengikuti jalur bus jurusan Bandung – Sukabumi. Kurang lebih 2 jam kami sampai di pertigaan plang Gunung Padang daerah Warung Kondang, dari situ perjalanan masih berjarak sekitar 20 kilometer lagi untuk sampai ke situs Gunung Padang. Ukuran jalannya tidak terlalu besar, hanya berukuran 2 mobil dan jalan yang dilalui beragam, sebagian mulus sebagian lainnya lumayan rusak (bebatuan). Disamping itu plang Gunung Padang cukup tersedia sehingga tidak perlu takut kesasar bagi yang belum pernah kesana sekalipun.

Gerbang Masuk

Dari pintu gerbang situs megalith Gunung Padang, kita perlu berjalan atau naik ojek beberapa ratus meter untuk sampai di pos tangga awal menuju puncak Gunung Padang. Namun, bagi yang membawa motor bisa langsung dibawa sampai pos. Di pos ini kita cukup membayar Rp 1.000 / orang untuk mencapai situs megalith.

Karcis

Tangga untuk sampai ke puncak situs ada dua, yaitu tangga bebatuan asli yang dibuat dari zaman purbakala yang lumayan curam dan satu lagi tangga yang dibuat oleh pengelola, tangga ini lebih landai. Kami memilih lewat tangga asli, supaya lebih greget *ala MadDog* :D. Lumayan, naik 20 tangga baju langsung basah sama keringet hhe.

Tangga Naik

Setelah sampai di puncak Gunung Padang barulah kita bisa melihat-lihat situs megalith, kawasan ini penuh dengan bebatuan yang memiliki 5 tingkat. Yang setiap tingkatnya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Langsung aja nih kita liat suasana di kawasan situs megalith ini, cekidot… :)

Kawasan Situs

Batu bernada

Batu bersusun

Yang bisa ngangkat batu ini keinginannya terkabul (mitos)

Sedikit tips bagi yang mau ke situs megalith ini,

  • Lebih enak bawa guide atau arkeolog supaya bisa nerangin lebih jelas tentang semua yang ada di situs megalith ini.
  • Naik ke puncaknya lebih enak pagi-pagi, lebih seger & ga terlalu panas.

Berikut sekilas cuplikan perjalanan yang saya ambil :

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha : *