Curug Siliwangi

[28 Desember 2013] Curug atau air terjun Siliwangi berada di kawasan perkemahan gunung Puntang, Pangalengan, Jawa Barat. Untuk menuju ke curug yang berada di ketinggian 1700 mdpl ini kita harus menyusuri jalan hutan yang cukup seru sekitar 2-3 jam.

Full Team

Saya bersama tim ngetengmania yang jumlahnya belasan memulai perjalanan pukul sebelas. Sebenarnya jalan awal untuk menuju ke curug bisa masuk melalui pintu masuk Konservasi Uwa Jawa, namun karena petunjuk jalan yang kurang dan tim ngetengmania belum pernah ada yang kesana kami malah lewat jalan dekat puing bangunan Belanda.
Sebagian jalurnya belum terbuka dan kami harus beberapa kali menyebrang sungai yang alirannya cukup deras.

Nyebrang sungai

Setelah setengah perjalanan akhirnya kami menemukan juga jalur “resmi” menuju curug Siliwangi yang “manusiawi”. Jalurnya menanjak terus. Lelah memang, tapi saat sudah mendengar suara air terjun dari kejauhan semangatnya muncul lagi dan ingin cepat sampai.

Curug Siliwangi

Dan akhirnya sekitar jam dua siang kami sampai di curug Siliwangi yang memiliki tinggi sekitar 150 meter. Melihat dari kejauhan saja kurang sreg, beberapa anggota tim bermain tepat di bawah air terjun namun untuk berada disana kita harus memanjat bebatuan dan perlu kehati-hatian.

Tepat di bawah Curug

Setelah puas bermain di air terjun, waktunya istirahat dan mengisi perut untuk perjalanan pulang ke area perkemahan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha : *