Menyusuri Gua Pawon & Stone Garden

29 Januari 2015 – Rencana pergi ke tempat ini akhirnya terlaksana juga. Berangkat pagi (hampir siang) bersama 6 orang teman. Tiba di gua Pawon kami langsung menyusuri ke dalam gua. Bau kotoran kelelawar memang cukup menyengat, jadi saya rekomendasikan membawa masker dari rumah bagi yang tidak tahan baunya.

Gua Pawon

Akses masuk menuju gua Pawon ini berada di jalan raya Bandung – Cianjur, tepatnya di daerah Cipatat. Bagi anda yang jalan dari arah Bandung tinggal lurus terus dari Padalarang menuju ke arah Cianjur sekitar 15 menit di sebelah kanan terdapat gapura hitam bertuliskan Gua Pawon.

Kelelawar didalam gua Pawon ini masih terbilang cukup banyak, bahkan beberapa kali saya jumpai ada kelelawar yang sudah terjatuh dan tak bisa bangkit lagi alias mati.

Gua Pawon

Gua Pawon

Hari sudah semakin siang kami melanjutkan lagi perjalanan menuju Stone Garden biasa orang menyebutnya. Dari gua Pawon kami harus hiking dulu sekitar 20-30 menit menuju taman batu itu karena letaknya memang persis dipuncak gua Pawon. Baju yang tadinya kering sekarang sudah basah dengan keringat.

Hiking Menuju Stone Garden

Setelah kami hampir sampai di Stone Garden tepatnya di pos masuk ternyata sudah terdapat banyak motor yang parkir, dan baru tau dari penjaga posnya bahwa untuk mencapai sini bisa juga langsung masuk melalui jalan kecil sebelum gapura hitam gua Pawon yang disebutkan diatas, yaitu di dekat masjid Al-Ikhlas. Jadi bagi yang tidak mau hiking maka bisa lewat jalan tersebut.

Setelah membayar retribusi kami pun masuk menuju puncak dan istirahat sebelum kembali berfoto ria sampai puas. Berbagai macam bentuk bebatuan berserakan disini, mulai dari yang kecil hingga besar sekali. Pas buat dijadikan objek berfoto ditambah pemandangan sekeliling yang hijau dan ciamik menambah keindahannya.

Stone Garden (Taman Batu)

Hamparan Batu di Stone Garden

Batu yang Berserakan

Saran dari saya, kalau berkunjung kesini lebih baik dibawah jam sepuluh pagi atau diatas jam dua siang agar tidak terlalu panas dan cuacanya masih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.