Andai Ramadhan Tak Ada

Note to my self.

Allah menjadikan bulan ramadhan sebagai ladang untuk meraih ampunanNya, keberkahanNya, kasih sayangNya dan kebaikan-kebaikanNya.

Andai bulan penuh berkah ini tak ada, dapatkah kita menyengaja berpuasa? Dapatkah kita menyengaja shalat tarawih ataupun shalat malam? Mungkin hanya para orang soleh dan ulama yang menjalankan :)

Namun dengan adanya bulan ramadhan, seluruh umat muslim – baik yang saleh, agak soleh, bahkan yang kurang soleh – semua menjalankan puasa demi mendapatkan ampunanNya, demi menjalankan perintahNya.

Kurang baik apa lagi coba Allah itu? Dia memberikan kesempatan – dan juga mengingatkan – umat muslim untuk memperbaiki diri agar mendapat ampunanNya. Ditambah lagi Allah melipatgandakan setiap pahala saat melakukan perbuatan baik layaknya promo di mall, buy one get seventy. Allahuakbar.

Bulan ramadhan juga merupakan bulan pendidikan, bulan madrasah, bulan penggemblengan. Pada bulan ini muslim sedunia sangat disiplin, menahan rasa lapar dan haus serentak, mulai dari subuh hingga maghrib tanpa ada yang berani melanggar. Tanpa perlu adanya peraturan daerah maupun pemerintah.
Tayangan televisi berubah menjadi lebih banyak tayangan religius ditambah penampilan artis yang lebih sopan. Bukankah itu termasuk berkah ramadhan? Andai bulan ramadhan tak ada, mungkinkah para artis memiliki kesempatan untuk berpakaian lebih sopan?

Layaknya sekolah, setelah lulus kita dituntut untuk mengaplikasikan pelajaran yang didapat di sekolah untuk diterapkan pada kehidupan nyata. Begitu pun bulan ramadhan, tugas dan tantangan kita setelah ‘lulus’ dari bulan ramadhan adalah menjaga hasil binaan bulan ramadhan untuk diaplikasikan pada bulan-bulan selanjutnya.

“Semoga Allah menerima ibadah dari kami dan darimu, shaum kami dan shaummu.

Ya Allah, Pertemukan kami di Bulan Ramadhan tahun berikutnya, dalam keadaan Sehat Walafiat, mudahkanlah Rezeki kami dan segala urusanku Ya Allah”

Aamiiiin.

IG : @khairilnst

– Bandung, 1 Syawal 1436H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha : *