Satu Karakter Salah, Dua (puluh) Tiga Jam Terlampaui di Depan Komputer

Ketika kita merasa sudah pernah menyelesaikan suatu pekerjaan yang sama dan menganggap remeh —walaupun hanya dalam hati kecil— maka terkadang timbul rasa sombong dalam hati. Rasa sombong yang berakibat datangnya teguran dari Allah.

Terlebih di dunia programming — yang saya geluti— dimana kurang satu huruf saja maka program tidak bisa jalan. Akibat sifat ujub/sombong tadi mudah bagi Allah untuk menyilapkan, melewatkan atau mengecoh mata ini sehingga terdapat huruf-huruf yang kurang dalam barisan kode.
Dahsyatnya, terkadang kesalahan pada program, “baru” bisa ditemukan dalam waktu berjam-jam. Bayangkan hanya karena satu huruf. Sering juga mendengar dari temen-temen seprofesi dan juga dari pengalaman pribadi :D , kerjaannya mantengin layar berjam-jam “hanya” untuk mencari kesalahan dalam program, saking ga tau dimana errornya karena merasa sudah benar. Bahkan mencari di stackoverflow (forum tanya-jawab) atau google pun ga ketemu error yang sedang dialami. Astaghfirullah…

Seberapa lama dan hebatnya pengalaman Anda di bidang yang Anda tekuni jangan sampe membuat sombong, karena memang bagi manusia ga ada yang bisa disombongkan. Jikalau Allah berkehendak membuat susah suatu urusan, maka orang sedunia membantu sekalipun niscaya tidak akan mampu. Begitupun sebaliknya, bila Allah memudahkan suatu urusan, maka orang sedunia sekalipun tidak akan mampu menghalangi.

Hikmah dibalik semua itu ialah Allah memberi jalan buat hambaNya biar banyak istighfar :) dan mungkin bisa jadi lupa baca Bismillah ketika akan melakukan sesuatu.

Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha : * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.